Senin, 04 Oktober 2010

Greenmap Forum Hijau Bandung

Isyu pemanasan global bersama efek rumah kaca-nya semakin gencar terdengar. Tentunya kita tak bisa hanya berdiam diri saja mengetahuinya. Yuk kita ambil tindakan untuk memperlambat laju pemanasan global itu. Bumi makin panas. Yuk kita beri sedikit kesejukan. Bumi makin gersang, yuk kita hijaukan. 
Satu komunitas yang  berupaya menggalang ide dan menyebarluaskan gaya hidup 'hijau' adalah forum hijau bandung. Salah satu konsep yang digagas oleh mas Sano (ketua Forum Hijau Bandung) adalah untuk memetakan SAKE/BABE/LAPAK/Tempat Rongsok (apapun itulah namanya) di wilayah masing2.
Kabarnya, kota Bandung sudah mulai nih (wah... aku yang orang Bandung kok malah baru tahu. Semangat! Baru tahu lebih baik daripada nggak juga tahu ;)) Yuk kita cek di http://forumhijaubandung.wordpress.com/2010/08/24/peta-hijau-tematik-persampahan-kota-bandung/ Tapi masih pakai googlemap biasa, bentar lagi dicicil dipindah ke opengreenmap. Aku baru saja mengecek link tersebut, dan memang akan sangat berguna bagi greeners untuk memisahkan sampah dan mengumpulkannya ke sentra sampah tertentu sesuai yang diinginkan/diperlukan.
Ide yang bagus tuh kalau tiap kota, di manapun berada bisa terpetakan lokasi di mana tempat mengumpulkan sampah yang telah DIPISAHKAN sejak awal berdasarkan jenisnya.Di Bandung muncul kesepakatan penggunaan kata PISAH bukan PILAH. Karena pilah lebih bermakna sesuatu yg sudah tercampur baru dipilah. Namun sebuah produk pada proses habis pakainya dia kan bisa langsung DIPISAHKAN berdasarkan jenisnya asal sudah disediakan tempat yang terpisah pula.

1 komentar:

  1. Assalamu alaikum wrwb

    Salam kenal,

    Saya aktif di bidang Community Development dan Lingkungan hidup terutama dlm bidang kreativitas daur ulang (Recycle Creativity). Mengedukasi masyarakat utk membangkitkan potensinya sekaligus peduli lingkungan. Kami menyediakan berbagai pelatihan soft skill spt : pelatihan kreativitas daur ulang, pelatihan kuliner, pelatihan pembuatan house keeping dan banyak lagi. Kami siap utk bermitra merealisasikan program CSR perusahaan dlm bidang lingkungan Hidup dan sosial.
    Rekam jejak kami sudah hampir 4 tahun berkiprah dengan beberapa instansi dan mitra kerja dari Bandung, Jakarta, Cirebon, Prop. Babel, Pekanbaru dan Kepulauan Riau.

    Kami siap utk bermitra merealisasikan program CSR perusahaan dlm bidang lingkungan Hidup (Recycle Program).

    Juga menerima pesanan order perorangan.

    BalasHapus