Sabtu, 16 Oktober 2010

Hari Cuci Tangan Sedunia

Hari ini, 15 Oktober ditahbiskan sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPSS). PBB menggagas ide tersebut dan menetapkannya sebagai hari cuci tangan sedunia sejak tahun 2008 lalu. Hari ini juga bertepatan dengan event Blog Action Day yang mengusung tema penyelamatan air.
Ini merupakan upaya kita untuk menangkal penyakit yang bisa menyerang tubuh kita. Berbagai penyakit bisa datang melalui perantara tangan yang penuh kuman. Maka dari itu, yuk, kita biasakan mencuci tangan pakai sabun. Kita biasakan lagi putra-putri kita untuk mencuci tangan sebelum makan ataupun setelah beraktivitas -terutama di luar rumah- dan menyempurnakan kegiatan mencuci tangan dengan sabun.
Mencuci tangan dengan air saja biasa kita lakukan, tapi sabun dapat membantu meluruhkan lemak dan kotoran yang mengandung kuman. Dengan penggunaan yang benar, sabun apa pun memiliki efektifitas yang sama dalam meluruhkan kuman-kuman penyebab penyakit, walaupun sabun cair ditengarai sebagai salah satu jenis sabun yang paling efektif, seperti dilansir oleh newsletter dari depkes berikut ini.
Tahun ini, HCTPSS akan melibatkan sekolah dan memfokuskan pada anak-anak, dan mengedukasi mereka sejak dini di sekolah. Diharapkan, mereka dapat membawa kebiasaan ini hingga ke dalam rumah dan berperan sebagai agen perubahan CTPS dalam keluarga, seperti dilansir oleh Yayasan Eureka Indonesia dalam berita onlinenya. Tahun 2009 lalu, Unilever Indonesia sangat mendukung gerakan ini, dan diharapkan setelah ini anak-anak Indonesia bisa membawa kebiasaan baik ini hingga tumbuh lebih sehat dan terhindar dari banyak penyakit seperti diare, cholera, disentri, ISPA, cacingan, hingga Hepatitis A.
Beberapa item pendukung kampanye ini disebar ke berbagai tempat, terutama sekolah. Sayangnya, sekolah kami terlambat mendapatkan informasi ini, walaupun tetap mendapatkan beberapa sticker dan buku pendukung kampanye HCTPSS ini. Siap! Kami akan terapkan gerakan cuci tangan pakai sabun yang benar untuk putra-putri kami, bahkan bagi kami sendiri. Cara-caranya, sederhana saja, tentunya. Bisa dilihat lengkapnya di situs depkes berikut ini. Yuk, kita cegah penyakit dengan mencuci tangan pakai sabun. Jangan cuma hari ini saja, tapi mari kita mulai biasakan lagi sejak hari ini.

1 komentar:

  1. Maaf, saya boleh ambil gambar di web ini dan beberapa kalimatnya.
    Terima kasih.

    BalasHapus